Manfaat Buah Pir Untuk Kolesterol

Beritrust, Cirebon – Yap, kita semua sudah mengetahuinya bukan? bahwa buah pir ini memiliki berjuta-juta manfaat. Tetapi, apakah kamu tahu bahwa salah satu Manfaat Buah Pir ini bisa Untuk Kolesterol?

Nah, bagi kamu yang belum mengetahuinya, yuk kita simak artikel ini bersama beritrust sampai selesai!

Buah pir ini mengandung banyak mineral, yaitu tembaga dan juga kalium. Kandungan yang ada di dalamnya ini sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh, metabolisme kolesterol, dan juga fungsi pada saraf.

Adapun provitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan juga kesembuhan pada luka. Mengutip dari Medical News Today, ada berbagai jenis buah pir, bervariasi ukuran, bentuk, rasa manis, dan juga  kerenyahan.

Di samping itu, buah pir juga bebas akan lemak dan bebas akan kolesterol, karena hanya mengandung sekitar 100 kalori.

Bersamaan dengan pola makan bergizi dan seimbang, mengonsumsi buah pir juga dapat mendukung penurunan berat badan dan dapat mengurangi risiko seseorang terkenanya penyakit kanker, diabetes, dan juga penyakit jantung.

Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat buah pir untuk kolesterol yang bisa kamu ketahui, yuk kita simak dengan seksama!

7+ Manfaat Buah Pir Untuk Kolesterol

Kebanyakan orang belum mengetahui manfaat yang ada di dalam buah pir ini, pada buah pir ini banyak sekali kandungn manfaat di dalamnya, krena memiliki nutrisi di dalamnya.

Jika kalian ingin taahu apa aja, yuk kita simak artikel ini sampai selesai!

1. Menurunkan Kolesterol

manfaat buah pir untuk kolesterol yang petama ini telah menunjukkan kemampuannya dalam membantu menurunkan kolesterol, karena berkat kandungan pektin yang tinggi di dalamnya.

Pektin adalah sejenis serat yang ditemukan dalam berbagai macam buah-buahan termasuk pada buah pir.

Pektin menyediakan cara mudah untuk menghancurkan kolesterol jahat pada tubuh. Serat menempel pada kolesterol di dalam usus dan menghentikannya untuk memasuki aliran darah. Kolesterol yang terikat dalam pektin ini pada akhirnya akan keluar dari tubuh dengan sendirinya.

2. Meningkatkan Energi

Seperti yang telah diketahui bahwa glukosa yang diperoleh dari makanan sehari-hari kita bertindak sebagai bahan bakar bagi tubuh.

Sederhananya, setiap sel dalam tubuh yang membutuhkan glukosa untuk memenuhi kebutuhan energi.

Buah pir juga termasuk buah yang bisa di bilang tinggi glukosanya sehingga membantu menyediakan energi bagi tubuh.

Dengan 17 gram ‘gula alami’ yang datang dari buah pir yang berukuran sedang, maka mengonsumsi satu porsi buah pir ini dapat lebih cepat meningkatkan energi kamu.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Salah satu senyawa penting yang ada pada buah pir adalah quercetin, yaitu antioksidan kuat yang dikenal dapat memberikan efek anti-kanker.

Quercetin akan menampilkan sebuah mekanisme pelindung sel, sebagaimana perannya dalam menangkal radikal bebas.

Kerusakan radikal bebas yang tidak terkontrol dapat dikaitkan dengan berbagai penyakit termasuk juga pada penyakit kanker.

Jadi mengonsumsi buah pir secara reguler dapat menghambat aktivitas radikal bebas yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi risiko terkenanya kanker.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penelitian juga menunjukkan bahwa quercetin dalam pir juga sangat mendukung fungsi arteri sehingga dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya aterosklerosis.

Baca Juga: Manfaat Buah Pir Untuk Kecantikan

Yaitu suatu kondisi yang ditandai oleh penumpukan plak di arteri. Beberapa porsi pada buah pir dapat membantu kesehatan ‘pipa’ kamu, yang pada gilirannya mengurangi risiko pada penyakit jantung.

5. Bersifat Antiinflamasi

manfaat buah pir untuk kolesterol yang selanjutnya yaitu mengandung antioksidan flavonoid yang berguna mengatasi peradangan dan menurunkan efek penyakit.

Flavonoid menurunkan risiko penyakit jantung dan juga diabetes. Senyawa antosianin pada kulit buah pir ini juga bermanfaat antidiabetes dan antiinflamasi (antiperadangan).

Serat pada buah pir juga memberi tubuh banyak waktu untuk memecah dan menyerap karbohidrat.

Serat yang ada di dalam buah pir juga mengatur kadar gula darah, yang membantu mencegah dan mengendalikan diabetes.

6. Mengandung Serat Tinggi

manfaat buah pir untuk kolesterol yang berikutnya adalah menganduk serat tinggi yang baik untuk pencernaan.

Baca Juga: Manfaat Buah Pir Untuk Paru Paru

Dalam buah pir juga mengandung serat yang sangat tinggi yang akan menambah berat serta kelembapan yang akan dibuang atau dengan kata lain dapat  melancarkan pembuangan kotoran dan mencegah konstipasi. 

7. Menurunkan Kemungkinan Penyakit Kronis

manfaat buah pir untuk kolesterol yang terakhir yaitu Banyak penyakit kronis yang diawali dengan peradangan, misalnya penyakit jantung, kanker, dan juga diabetes tipe 2.

Salah satu cara untuk mengantisipasi efek peradangan yaitu dengan mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan.

Di bawah ini pun ada beberapa manfaat yang  ada di dalam buah pir, yuk kita simak dengan seksama!

Kandungan Buah Pir

Sama halnya dengan buah-buahan lainnya, buah pir juga mengandung banyak nutrisi yang sangat penting untuk tubuh.

berikut beberapa nutrisi yang terkandung di dalam buah pir:

  • Energi
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Asam pantotenat
  • Piridoksin
  • Asam folat
  • Kalisum
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Kalium
  • Natrium

Selain itu, buah pir juga diketahui mengandung banyak antioksidan serta senyawa tumbuhan lainnya yang sangta baik untuk tubuh.

Kesimpulan

Nah, itulah 7 manfaat buah pir untuk kolesterol dan kandungan yang ada di dalam buah pir yang sudah kamu ketahui, ada berbagai macam manfaat yang ada di dalamnya. Tetapi jika kamu ragu untuk mengkonsumsinya sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar tahu apa banyak harus di konsumsi oleh kamu.

Bagi kamu yang ingin membaca artikel menarik seputar kesehatan lainnya, silahkan baca di Google News.


FAQ

Buah Apa Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat?

Buah berry, seperti blackberry, blueberry, raspberry, delima, dan stroberi juga diklaim sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh. Pasalnya, buah-buahan ini mengandung kaya akan serat larut dan rendah gula yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Berapa Normal Kolesterol Pada Wanita?

Michos menjelaskan bahwa ukuran kolesterol normal wanita dewasa adalah ketika kolesterol LDL kurang dari 70 mg/dl dan HDL yang harus mendekati 50 mg/dl. Begitu juga dengan trigliserida yang harus kurang dari 150 mg/dl. “Kadar kolesterol total jauh di bawah 200 mg/dl adalah yang terbaik,” ucap Michos.

Apakah Pisang Bisa Menurunkan Kolesterol?

Konsumsi buah pisang disebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal itu terjadi karena kandungan zat inulin pada pisang bisa membantu mengurangi kolesterol yang didapat dari konsumsi makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *