Tips Mengubah Skripsi Menjadi Jurnal Bersama Ridwan Institute

Beritrust.com – Mengetahui akan cara mengubah skripsi menjadi jurnal adalah hal penting dimasa sekarang. Sebab, karya tulis ilmiah tersebut bisa dijadikan jurnal dan artikel yang sifatnya open acces

Sehingga, hal ini akan memudahkan kalangan dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan lain sebagainya yang membutuhkan referensi karya ilmiah

Dalam wawancara kami bersama Ridwan Institute (23/9), Siti Hapsah Pahira selaku Direktur Ridwan Institute, Ia memberikan tips mengubah skripsi menjadi jurnal.

“Mengubah skripsi menjadi jurnal adalah hal yang penting dikarenakan bisa membuat isi dari skripsi menjadi lebih singkat dan mudah dipahami. Dan hal ini juga bisa menjadi referensi bagi kalangan yang sedang mencari referensi karya ilmiah seperti dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan lain sebagainya” Ucap Siti Hapsah Pahira selaku Direktur Ridwan Institute

Baca Juga: Ridwan Institute Menjelaskan Perbedaan Jurnal Hasil Penelitian Dan Jurnal Pengabdian Masyarakat

Dengan adanya literatur berkualitas yang bisa diakses secara online, membuat proses penyusunan tugas akhir untuk mahasiswa program sarjana maupun pasca sarjana menjadi lebih mudah dan cepat. 

Ini dikarenakan, Jurnal Ilmiah merupakan referensi yang disusun oleh pihak-pihak yang kredibilitasnya sudah terjamin.

Sehingga, sangat diperbolehkan untuk dijadikan referensi tugas akhir, baik itu skripsi maupun tesis dan disertasi. 

Berikut 8 Tips Dari Ridwan Institute Yang Bisa Kamu Terapkan

Jika kalian ingin mengubah skripsi menjadi jurnal, maka kalian harus bisa memahami tahapan dan tata caranya seperti apa.

Sebab, persyaratan tesis maupun skripsi akan berbeda dengan persyaratan jurnal ilmiah dan memerlukan trik khusus agar proses pengubahannya lebih cepat dan efisien.

Adapun caranya sebagai berikut :

1. Menentukan Tujuan Jurnal 

Menentukan tujuan jurnal bisa memengaruhi isi dari jurnal dan sekaligus bisa mencari penerbit yang tepat.

Baca Juga: Ridwan Institute Sebut Begini Perbedaan Prosiding Dan Jurnal Ilmiah

Tujuan yang tepat akan membantu proses publikasi jurnal ilmiah, sehingga bisa sesuai dengan tujuan dari skripsi, tesis, maupun disertasi yang disusun. 

2. Mengubah Pendahuluan Menjadi Abstrak 

Penyusunan jurnal ilmiah bisa menjadi lebih mudah, tepat, dan cepat jika mengubah Pendahuluan menjadi Abstrak.

Hal ini dikarenakan Pendahuluan maupun Abstrak memiliki kesamaan, Yaitu mengandung semua elemen kunci untuk menarik minat dan perhatian dari pembaca.

3. Melakukan Modifikasi Pada Pendahuluan 

Kalian bisa memilih satu dari beberapa pertanyaan dan hipotesis di dalam Pendahuluan tugas akhir untuk dijadikan Pendahuluan dalam jurnal ilmiah.

Dan diusahakan untuk menggunakan satu artikel Sehingga isi dari Pendahuluan di dalam jurnal yang disusun sudah memenuhi kriteria dari jurnal ilmiah secara umum.

4. Mempersingkat Penyusunan Skripsi, Tesis dan Disertasi 

Kerangka dimanfaatkan untuk pembuatan kerangka jurnal. Namun, harus dibuat lebih ringkas sehingga ada beberapa bab di dalam tugas akhir yang bisa dihapus. Sehingga, lewat kerangka tugas akhir tersebut, bisa didapatkan kerangka untuk susunan jurnal ilmiah.

Baca Juga: 1000+ Game Offline Yang Wajib Kamu Mainkan

5. Memperbaiki Bagian Metode 

Dalam metode penelitian, akan dijabarkan dengan sangat panjang, lebar dan intinya sangat mendetail. Akan tetapi, ketika diubah menjadi jurnal ilmiah maka penjabaran tersebut harus lebih disederhanakan.

6. Melaporkan Temuan Utama 

Jadi khusus untuk bagian ini, pastikan semua hasil temuan penelitian disebutkan dan dijabarkan. Sebab, hasil penemuan ini pada dasarnya adalah inti dari tugas akhir maupun jurnal ilmiah.

7. Membatasi Referensi 

Khusus untuk jurnal, referensi cenderung dibatasi dan dianjurkan untuk memilih referensi terbaru dan terkini. Sedangkan untuk tugas akhir, biasanya bebas. Selama lembaga atau institusi tempat peneliti bernaung tidak memberi batasan. 

8. Diskusi Jelas dan Lengkap 

Pada bagian Diskusi, maka perlu ditulis atau disampaikan dengan jelas sekaligus lengkap. Inti dari penyusunan diskusi adalah mencoba untuk memaparkan apa yang bisa didapat atau dipelajari oleh pembaca dari jurnal ilmiah yang disusun. 

Ridwan Institue sendiri dalam postingan Instagramnya, sering memberikan konten-konten edukatif seputar dunia pendidikan. Bagi kamu yang ingin mencari informasi seputar dunia pendidikan, bisa langsung cek Instagram resminya di @ridwaninstitute.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *