Status Terbaru Dari Gunung Semeru

Beritrust.com – Sebelumnya Gunung Api Semeru mengalami erupsi pada dini hari tadi Minggu, (4/12/2022).

Pada saat ini tengah ada Peningkatan aktivitas yang terus terjadi sepanjang hari, yang membuat Gunung Semeru naik dari status Level 3 (Siaga) menjadi Level 4 (Waspada) yang mulai terhitung pada 4 Desember 2022 pukul 12.00 WIB.

Jika dilihat dari hasil analisis pemantauan secara visual dan kegempaan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Erupsi yang di sertai awan panas guguran ini terus berlangsung sampai ketinggian kolom erupsi tidak teramati.

Jika dilihat dari hasil pengamatan, maka awan panas guguran tersebut keluar dengan jarak 12 km dari puncak dan masih terus berlangsung.

“Asap kawah utama tidak teramati, cuaca cerah sampai mendung, gunung api tertutup kabut. Angin tenang ke selatan, tenggara, barat, barat laut, barat daya, suhu 22-28°C,” tulis PVMBG Kemen ESDM dalam keterangan resminya dikutip pada Minggu (4/12/2022).

PVMBG sendiri telah mencatat bahwasannya jumlah serta jenis gempa yang terekam pada 4 Desember 2022 dari pukul00.00 WIB sampai 12.00 WIB, lebih didominasi oleh Gempa Awan Panas dan gempa letusan sebanyak 13 kali.

“Amplitudo awan panas terekam 40 mm dan masih berlangsung hingga saat ini (re: 12.00 WIB),” tambahnya.

PVMBG juga telah memperkirakan sebaran material erupsi yang berupa lontaran batuan pijar yang bisa mencapai radius 8 KM dari puncak.

Dan untuk material lontaran berukuran abu sendiri mencapai 12 KM ke arah tenggara, yang dimana Arah dan jarak sebaran material abu tersebut bisa saja berubah kapan saja tergantung pada arah dan kecepatan angin.

“Arah luncuran awan panas guguran dan guguran ke sektor tenggara dan selatan dari puncak. Jangkauan awan panas guguran sudah mencapai lebih dari 13 Km. Lahar dingin maupun lahar panas dapat terjadi di sepanjang aliran sungai yang berhulu di daerah puncak, khususnya sepanjang aliran sungai,” tulisnya dalam keterangan tersebut.

Bagi kamu yang ingin membaca artikel menarik seputar berita lainnya, silahkan baca di Google News.

Sumber: CNBC Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *