Seberapa Pentingnya Dosen Mempublikasikan Jurnal SINTA? Berikut Menurut Direktur Publikasi Indonesia

Seberapa Pentingnya Dosen Mempublikasikan Jurnal SINTA Menurut Direktur Publikasi Indonesia

Beritrust.com – Kegiatan menulis dan mempublikasikan jurnal tentu tidak asing di kalangan Dosen. Sebab, nyaris setiap hari dua kegiatan ini dilakukan dan untuk Jurnal, Para Dosen berupaya untuk masuk Jurnal Internasional bereputasi. Dimana standarnya adalah bisa masuk atau terindeks di Scopus.

Supaya bisa memperbesar kesempatan untuk mempublikasikan Jurnal Internasional bereputasi atau Jurnal Nasional terakreditasi, Maka dari itu sebegitu pentingnya dosen mempublikasikan artikelnya ke jurnal di SINTA.

Apa Itu Publikasi Indonesia?

Publikasi Indonesia adalah Lembaga Publikasi Ilmiah yang sudah berbadan hukum yang meliputi Publikasi Jurnal Ilmiah, Penerbitan Buku, dan Pendampingan Kepengurusan HKI (Hak Kekayaan Intelektual). Publikasi Indonesia hadir sebagai solusi terbaik bagi rekan-rekan baik Dosen, Mahasiswa, Pelajar, Penulis, Karyawan, Pekerja dan Pengusaha.

Baca Juga : Cara Mudah Cek Plagiarisme Untuk Jurnal Dan Skripsi Secara Online Menurut Tim Publikasi Indonesia

Apa Itu SINTA?

Dikutip dari berbagai sumber, SINTA sendiri memiliki kepanjangan Science and Technology Index. Sesuai dengan kepanjangan tersebut, maka bisa ditebak pengertian dari SINTA.

Secara garis besar SINTA merupakan portal atau website khusus yang mengindeks seluruh Jurnal Nasional terakreditasi oleh Kemendikbud dan Kemenristek DIKTI. Akreditasi Jurnal Nasional sendiri oleh Kemendikbud dan Kemenristek DIKTI, nyaris mirip dengan masa berlaku Akreditasi sekolah dan Perguruan Tinggi.

Menurut Direktur Publikasi Indonesia, Jurnal SINTA adalah Jurnal yang sudah terakreditasi oleh Kemendikbud dan Kemenristek DIKTI. Yang mana untuk SINTA sendiri, ada urutannya yaitu SINTA 1 sd 6. Untuk prosesnya, mulai dari pengajuan sampai dengan hasil Akrediatasi keluar. Setelah itu baru bisa baru diakui Jurnal itu bisa masuk ke SINTA 1,2 ,3, 4, 5, dan 6. Dan waktunya biasanya satu tahun dua kali, kadang bisa juga 3 kali.

Baca Juga : Ini Dia Situs Terbaik Untuk Download Jurnal Kesehatan Gratis Dan Legal Menurut Direktur Publikasi Indonesia

5 Alasan Pentingnya Dosen Mempublikasikan Jurnal SINTA Menurut Direktur Publikasi Indonesia              

Berikut adalah alasan yang menjelaskan arti pentingnya dosen mempublikasikan jurnal SINTA yang tentu wajib diketahui :

1. Aturan kebijakan

Dosen wajib mempublikasikan Karya Ilmiah setiap semester. Minimal 1 Karya Ilmiah per semester.

2. Reputasi Karir

Disamping itu, selain kebijakan, kewajban Publikasi ini menjadi reputasi karir Dosen dimana semakin banyak Penelitian, maka reputasi Dosen tersebut semakin meningkat.

3. Memenuhi Syarat Program Akademik Kemenristek

Mempunyai akun di SINTA dan juga melakukan Publikasi Jurnal di dalamnya, akan membantu Dosen untuk bisa memenuhi syarat program Akademik dari Kemenristek. Misalnya, saat Kemenristek menyediakan dana hibah penelitian.

Dosen yang akan mengajukan proposal, disyaratkan untuk mencantumkan ID SINTA. Kemenristek mewajibkan dosen yang menjadi calon penerima dana hibah punya akun di SINTA.

Sehingga, jika dosen sudah aktif di SINTA dan sampai melakukan publikasi, Kesempatan lolos seleksi berbagai program dari Kemenristek akan semakin besar. Hal ini tentu bisa menjadi nilai tambah pada CV dosen.

Baca Juga : Ini Dia Situs Terbaik Download Jurnal Pendidikan Indonesia Gratis (Japendi) Menurut Tim Publikasi Indonesia

4. Ikut Mendorong Perkembangan Dunia Akademik

Publikasi Jurnal di SINTA akan mendorong perkembangan dunia Akademik di tanah air. Sebab, akan ada lebih banyak hasil penelitian dan pengabdian dipublikasikan di sini. Kemudian bisa diakses siapa saja yang membutuhkan referensi.

Tidak hanya berkembang dari segi kuantitas saja, kualitas Jurnal juga akan terus berkembang. Sehingga SINTA perlahan menjadi database Jurnal berkualitas di Tingkat Nasional yang menyajikan seluruh update perkembangan dunia Akademik Indonesia.

5. Mendukung Academic Branding

Alasan terakhir pentingnya Dosen mempublikasikan Jurnal SINTA adalah mendukung Dosen melakukan Academic Branding. Sebab, SINTA memungkinkan dosen semakin dikenal berkat karyanya yang dipublikasikan.

Sehingga semakin banyak Karya Dosen terpublikasi, maka semakin banyak yang melakukan sitasi. Nama dosen semakin dikenal dan memperbesar peluang punya banyak kesempatan Akademik. Oleh sebab itu, segera saja membuat akun di SINTA dan rajin melakukan Publikasi Jurnal Nasional di dalamnya.

Dengan berbagai alasan tersebut, tentunya dapat dipahami betapa pentingnya dosen mempublikasikan Jurnal SINTA.

Sebab, banyak manfaat dan keuntungan bisa didapatkan dengan melakukan hal tersebut. Apalagi untuk Dosen yang bertujuan mempublikasikan Jurnal Nasional untuk suatu keperluan

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan pantau terus Instagram resminya di @publikasiindonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *