Ridwan Institute Menjelaskan Perbedaan Jurnal Hasil Penelitian Dan Jurnal Pengabdian Masyarakat

Beritrust.com – Dalam wawancara kami bersama Ridwan Institute (15/9), Raodatul Jannah, M.Pd selaku Koordinator Jurnal Ridwan Institute, menjelaskan perbedaan jurnal hasil penelitian dan jurnal pengabdian masyarakat

“Penelitian adalah kegiatan yang dilakukan guna menemukan suatu masalah dan mencari solusi secara detail, kegiatan penelitian juga bisa didefinisikan sebagai kaidah ilmiah untuk menemukan solusi suatu fenomena atau masalah pada objek tertentu” Ucap Raodatul Jannah, M.Pd selaku Koordinator Jurnal Ridwan Institute

“Pengabdian masyarakat merupakan proses penerapan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) maupun hasil penelitian kepada masyarakat. Maka pengabdian kepada masyarakat ditujukan untuk menerapkan semua ilmu pengetahuan, teknologi, maupun hasil penelitian” lanjutnya.

Baca Juga: Ridwan Institute Sebut Begini Perbedaan Prosiding Dan Jurnal Ilmiah

Bagi akaemis baru yang ingin mencari jurnal, mungkin masih bingung soal perbedaan keduannya. Jadi simak informasi di bawah ini untuk lebih lengkapnya

Perbedaan Jurnal Hasil Penelitian Dan Jurnal Pengabdian Masyarakat

Bagi rekan-rekan yang masih bingung dengan perbedaan-perbedaan jurnal hasil penelitian dan jurnal pengabdian masyarakat, kalian bisa simak penjelesan berikut ini :

1. Perbedaan Pada Konsep

Perbedaan yang pertama adalah dari segi konsep. isi dari Jurnal penelitian mengarah pada jenis kegiatan yang dilakukan mulai dari tahapan awal sampai tahapan akhir yang menghasilkan suatu solusi atau temuan baru.

Sedangkan jurnal pengabdian masyarakat maka konsep yang diterapkan akan mengarah pada proses penerapan dari hasil penelitian IPTEK ke masyarakat di suatu daerah atau tempat dan memaparkan rencana kegiatan pengabdian kepada masyarakat, prosesnya, dan hasilnya.

Sehingga perbedaan pada jurnal hasil penelitian dan jurnal pengabdian masyarakat menjadi tampak jelas

2. Perbedaan Pada Judul

Perbedaaan yang selanjutnya terdapat pada judul, sehingga saat membaca bagian judul seseorang bisa langsung mengetahui bahwa jurnal tersebut hasil penelitian atau pengabdian kepada masyarakat.

Judul pada jurnal hasil penelitian akan memaparkan sebuah permasalahan dan peroses dalam mencari solusi

Sedangkan judul pada jurnal hasil pengabdian masyarakat memaparkan penerapan atau pengaplikasian dari ilmu pengetahuan ataupun hasil penelitian

Baca Juga: Ridwan Institute Sebut Begini “Cara Mengecek Index Jurnal DOAJ”

Sehingga pada judul jurnal hasil penelitian dan jurnal pengabdian masyarakat memiliki keterangan nya masing-masing.

3. Perbedaan Pada Bagian Pendahuluan

Perbedaaan selanjutnya adalah pada pendahuluan. Dalam jurnal penelitian, memaparkan masalah atau daftar masalah yang tengah di hadapi oleh objek penelitian

Sedangkan untuk jurnal pengabdian, memaparkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat memang untuk menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan hasil penelitian sebagai solusi atas permasalahan di tengah masyarakat.

4. Perbedaan Pada Bagian Tinjauan Pustaka

Perbedaan yang selanjutnya adalah pada segi tinjauan pustaka. Pada beberapa jurnal penelitian dijumpai tidak lagi terdapat Tinjauan Pustaka.

Sedangkan untuk jurnal pengabdian masyarakat, memang tidak terdapat Tinjauan Pustaka di dalamnya dikarenakan memang tidak diperlukan landasan teori apapun untuk mengaplikasikan suatu ilmu pengetahuan, teknologi, maupun hasil penelitian.

5. Perbedaan Pada Bagian Metode Penelitian

Perbedaan selanjutnya bisa dibedakan dari bagian metode penelitiannya.

Pada jurnal penelitian, bagian metode penelitian akan memaparkan tata cara ilmiah untuk menjawab permasalahan yang menjadi topik penelitian.

Sedangkan pada jurnal pengabdian masyarakat, bagian Metode Penelitian akan berisikan uraian-uraian langkah kegiatan yang akan dilakukan oleh tim pengabdian kepada masyarakat atau PKM.

6. Perbedaan Dari Segi Hasil

Perbedaan selanjutnya bisa kamu lihat dari segi hasil yang diberikan. Hasil dari penelitian akan berisikan pemaparan hasil penelitian atau temuan yang didapatkan saat kegiatan penelitian dijalankan.

Baca Juga: 1000+ Rekomendasi Game Offline Android Terbaik

Untuk jurnal pengabdian masyarakat sendiri memaparkan hasil pencapaian dari penerapan suatu ilmu pada masyarakat.

7. Perbedaan Dari Segi Referensi 

Kalian juga bisa melihat dari segi referensi yang digunakan. Pada jurnal penelitian ilmiah bisa mengambil referensi dalam bentuk buku, jurnal, maupun literatur bentuk lain dan sumber jenis lain yang relevan dan kredibel.

Sedangkan untuk jurnal pengabdian masyarakat, cenderung sedikit. Sebab, penyampaian materi secara teoritis di dalam pengabdian kepada masyarakat juga sedikit.

8. Perbedaan Dari Perhitungan KUM

Perbedaan yang terakhir bisa dilihat dari perhitungan nilai KUM nya, jurnal ilmiah akan masuk ke ranah PAK (Penilaian Angka Kredit) penelitian.

Dan untuk jurnal pengabdian akan masuk ke PAK Pengabdian kepada Masyarakat.

Teruntuk kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang Ridwan Institute, silahkan untuk mengunjungi Instagram resminya di @ridwaninstitute.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *