Masih Sering Salah Arti, Direktur Ridwan Institute Mengatakan “Ini Pengertian Jurnal Sinta”

Beritrust.com – Dalam wawancara kami bersama Ridwan Institute (15/9), Aldian Yusuf, menjelaskan apa itu jurnal sinta yang masih sering dipertanyakan oleh para Akademisi.

“Sinta atau kepanjangan dari Science and Technology Index merupakan suatu database Nasional untuk kalangan Nasional yang paling sering digunakan di indonesia saat ini.” Ucap Aldian Yusuf salah satu Tim Ridwan Institute.

Sinta memiliki Akreditasi penilaian tersendiri dan Akreditasi tersebut dilakukan oleh Arjuna.

Arjuna adalah Akreditasi bagi jurnal-jurnal yang akan menuju ke Sinta. Karena, tidak semua jurnal bisa diterima dan terindeks oleh Sinta.

Untuk bisa terindeks oleh Portal Sinta, diperlukan penilaian-penilaian tertentu dan memenuhi poin-poin sesuai dengan ketentuan Sinta.

Fungsi Jurnal Sinta 

Laman Sinta dirilis dan dipublikasikan kepada masyarakat ilmiah, tentu bukan tanpa alasan. Karena laman Jurnal Nasional ini memiliki fungsi untuk mendukung kinerja mutu Publikasi.

Sekaligus sebagai pendorong peningkatan jumlah Publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

1. Wadah Publikasi Online

Sinta bisa menjadi salah satu media yang bisa digunakan oleh para Dosen dan Peneliti untuk menerbitkan Jurnal.

Sinta juga berfungsi sebagai wadah untuk mendukung dan menerima publikasi jurnal hasil penelitan dan pengabdian kepada masyarakat.

2. Menilai Kinerja Jurnal 

Jurnal Sinta juga digunakan untuk menilai kinerja dari sebuah Jurnal Nasional yang sudah dipublikasikan oleh Dosen dan Peneliti di Indonesia.

Sehingga, Peneliti dan Dosen bisa terus berkembang dengan meningkatkan Publikasi.

Itu semua bertujuan untuk menaikkan referensi Jurnal Nasional berkualitas kepada publik, sekaligus juga bisa membuat Dosen lebih meningkatkan kualitas pada tulisan artikel ilmiah.

Keunggulan Jurnal Sinta 

Semua riwayat Dosen baik dalam bentuk Jurnal maupun Buku akan ditampilkan di laman Sinta.

Ditambah lagi, terdapat penunjang fitur-fitur utama Sinta dan hal ini akan membuat jurnal lebih banyak disukai oleh masyarakat ilmiah.

Teruntuk kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang Ridwan Institute, silahkan untuk mengunjungi Instagram resminya di @ridwaninstitute.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *