Cara Mencari Jurnal ISSN  Bersama Direktur Publikasi Indonesia

Cara Mencari Jurnal ISSN  Bersama Direktur Publikasi Indonesia

Beritrust.com – Di Indonesia, jurnal yang dipublikasikan oleh para peneliti yakni kalangan dosen diharapkan sudah memiliki ISSN.

Hal ini kemudian dijadikan standar untuk memastikan jurnal tersebut punya kode seri yang unik dan dijamin berkualitas. Maka dari itu, Direktur Publikasi Indonesia ingin membagikan beberapa cara mencari Jurnal ISSN.

Sebelum jauh pada pembahasan inti, mari kita mengenal Siapa sih Publikasi Indonesia Itu?

Baca Juga : Seberapa Pentingnya Dosen Mempublikasikan Jurnal SINTA? Berikut Menurut Direktur Publikasi Indonesia

Siapa Itu Publikasi Indonesia?

Publikasi Indonesia adalah Lembaga Publikasi Ilmiah yang sudah berbadan hukum yang meliputi Publikasi Jurnal Ilmiah, Penerbitan Buku, dan Pendampingan Kepengurusan HKI (Hak Kekayaan Intelektual). Publikasi Indonesia hadir sebagai solusi terbaik bagi rekan-rekan baik Dosen, Mahasiswa, Pelajar, Penulis, Karyawan, Pekerja dan Pengusaha.

Apa itu ISSN ?

ISSN sendiri memiliki kepanjangan International Standard Serial Number ( Nomor Seri Standar Internasional).

Definisinya sendiri adalah deretan angka atau nomor yang dibuat unik dan berfungsi sebagai identitas publikasi berkala. Baik itu berupa media cetak maupun media elektronik.

Sebagai nomor identitas, nomor seri ini berperan sama seperti ISBN pada buku yang terbit di Indonesia dan seluruh dunia.

Hanya saja, ISSN biasanya ditujukan untuk Artikel yang ingin dipublikasikan secara Internasional.

Misalnya Jurnal Ilmiah atau Jurnal Internasional, dan kredibilitasnya sendiri bisa dibuktikan dengan nomor seri tersebut.

Sehingga penyusun Jurnal Ilmiah biasanya sudah mulai mempersiapkan diri mengajukan kepemilikan nomor seri ini.

Deretan nomor seri ini terdiri dari 13 digit, berbeda dengan ISBN yang umumnya hanya terdiri dari deretan 8 angka dan 1 huruf. Pada nomor seri untuk Jurnal Ilmiah ini biasanya terdiri dari 7 digit angka dan satu karakter baik angka maupun huruf X yang merupakan karakter cek.

Namun penulisan deretan angka ini memang berbeda-beda, tergantung dari standar mana yang dipakai. Paling umum dipakai adalah standar EAN-13 dan sisanya memakai standar lain. Sehingga tidak ada yang salah atau benar, karena selama mengikuti standar yang ada otomatis penulisannya sudah benar.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Cek Plagiarisme Untuk Jurnal Dan Skripsi Secara Online Menurut Tim Publikasi Indonesia

Jadi, nomor seri pada Publikasi berkala ini juga mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut:

  • 1. Sebagai Identitas
  •  2. Prasyarat untuk Akreditasi Publikasi Ilmiah

Lalu, Apa Itu Jurnal ISSN?

Jurnal ISSN adalah Jurnal yang sudah tedafatar di ISSN LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). LIPI adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian Republik Indonesia yang dikoordinasikan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.

LIPI berkiprah dalam bidang riset terkait penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu pengetahuan.

4 Cara Mencari Jurnal ISSN Termudah

4 Cara Mencari Jurnal ISSN Termudah

Tidak semua jurnal yang diterbitkan oleh peneliti di Indonesia maupun dunia, memiliki ISSN. Sebab, ISSN bukan hal wajib. Namun, jika peneliti mendaftarkan ISSN maka bisa menjadi nilai tambah terhadap kualitas jurnal.

Apakah saat ini sedang berada di situasi tersebut? Maka sejumlah cara dibawah adalah solusinya:

1. Searching Di Google

Cara mencari jurnal ISSN yang pertama adalah dengan mencari di google, di google semuanya bisa kamu ketahui. Namun ini kurang akurat karena, kamu tidak menuliskan nama website resmi. Nah adapun webstie resmi untuk mencari Jurnal ISSN. Penjelasan nya ada di point selanjutnya.

2. Bisa Cari Di issn.lipi.co.id

Cara mencari jurnal ISSN selanjutnya adalah dengan berkunjung ke laman resmi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Merupakan lembaga penelitian yang juga menyediakan portal atau situs khusus untuk membantu siapa saja mengakses jurnal bereputasi dan terakreditasi.

Apabila mencari jurnal ISSN, baik yang ditulis oleh peneliti Indonesia maupun dari berbagai negara di dunia. Maka bisa mampir ke laman resmi milik LIPI, mayoritas gratis. Sebab LIPI sendiri sudah membeli akses untuk berlangganan jurnal bereputasi dan terakreditasi yang sifatnya berbayar.

Baca Juga : Ini Dia Situs Terbaik Download Jurnal Pendidikan Indonesia Gratis (Japendi) Menurut Tim Publikasi Indonesia

3. Mengecek Google Scholar

Google Scholar / Cendekia adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. Diluncurkan pada tahun 2004, indeks Google Cendekia mencakup jurnal-jurnal daring dari publikasi ilmiah.

4. Mencari Jurnal ISSN Repository ( Perpusatakaan )

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan jurnal ISSN adalah dengan mencari di perpustakaan. Mulailah dulu mencari di perpustakaan kampus, biasanya seluruh dosen yang melakukan publikasi sudah mengurus ISSN. Sehingga, koleksi jurnal di perpustakaan kampus dipastikan sudah beri-ISSN juga.

Bagaimana jika perpustakaan koleksinya tidak terlalu lengkap? Jurnal cetak memang tidak terlalu banyak, maka bisa mengakses jurnal online di perpustakaan online juga. Salah satunya di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau Perpusnas. Laman resminya ada di http://e-resources.perpusnas.go.id/

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan pantau terus Instagram resminya di @publikasiindonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *