Ridwan Institute Beberkan Cara Mudah Melakukan Publikasi Karya Ilmiah Ke Jurnal Nasional

Berirust.com – Keaktifan dari seorang dosen, tentunya tidak hanya dinilai dari kegiatan mengajar secara rutin diperguruan tinggi saja, Akan tetapi juga mengenai karya ilmiah yang berhasil ditulis dan diterbitkan oleh dosen tersebut.

Baca Juga: Tips Mengubah Skripsi Menjadi Jurnal Bersama Ridwan Institute

Tidak hanya itu dosen selanjutnya akan mempublikasikan karya ilmiahnya yang sudah ditulisnya tadi. Mengapa hal itu sangat penting untuk dilakukan oleh para dosen?.

Dalam wawancara kami bersama Ridwan Institute (26/9), Aldian Yusuf, menjelaskan apa itu jurnal sinta yang masih sering dipertanyakan oleh para Akademisi.

Tujuannya sendiri adalah “tentunya untuk menerbitkan dan mempublikasikan hasil-hasil pikiran, hasil gagasan, hasil ide dan penelitian kita, yang dimana itu akan menambah wawasan Dan keilmuan, tentunya itu juga bisa menjadi rujukan untuk kedepannyan bagi pendidikan maupun untuk acuan” ucap Aldian Yusuf.

Baca Juga: Ridwan Institute Menjelaskan Perbedaan Jurnal Hasil Penelitian Dan Jurnal Pengabdian Masyarakat

Adapun manfaat yang akan didapatkan oleh penulis maupun pembaca yakni. “Keuntungan yang didapat dari segi aspek peneliti hal ini bisa meningkatkan kualitas diri, dan diibaratkan kita mempunyai suatu karya yang bermanfaat bagi semua orang. Sedangkan untuk dari segi pembaca akan menjadi suatu bahan rujukan atau bahan acuan untuk menjadi motivasi agar melakukan penelitian lebih lanjut. Hal ini juga dapat meningkatkan pendidikan khususnya di Indonesia sendiri” lanjutnya.

Adapun Tata Cara Mempublikasi Jurnal Ilmiah

  1. Kita sebagai author atau sebagai penulis harus mempersiapkan manuskrip dan naskah yang kita akan terbitkan
  2. Jika sudah siap dengan naskah kita diharuskan untuk mencari tempat-tempat jurnal yang bagus yang sesuai dengan bidang keilmuan kita setelah menemukan yang bagus
  3. Jika sudah menemukan yang bagus kalian bisa langsung mengirim atau submit artikel ke jurnal tujuan yang dimana nantinya itu akan di proses ke reviewer untuk di review oleh para ahli dibidang tersebut
  4. Untuk Hasilnya apakah bisa di publikasi, atau harus direvisi terlebih dahulu, atau tidak layak di publikasi naskahnya
  5. Setelah proses riview selesai baru naskah tersebut dipublikasikan

Baca Juga: 1000+ Game Offline Seru Yang Wajib Kamu Mainkan

Adapun kiat-kiat yang bisa kita terapkan agar bisa lebih produktif lagi dalam mempublikasikan jurnal ilmiah

“Kamu bisa memperbanyak literatur atau perbanyak membaca, karena dari membaca kita bisa tau sesuatu hal yang terjadi dan akan menambah kelimuan kita. Dan Siapa tau, dari membaca itu sendiri kita bisa memunculkan inspirasi yang bisa dijadikan bahan penelitian. Karena dengan membaca kita bisa membuka pintu pengetahuan” ucap Aldian Yusuf

Ridwan Institue sendiri dalam postingan Instagramnya, sering memberikan konten-konten edukatif seputar dunia pendidikan. Bagi kamu yang ingin mencari informasi seputar dunia pendidikan, bisa langsung cek Instagram resminya di @ridwaninstitute.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *